ANALISIS SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET PESAWAT TERBANG PADA SITUS WWW.TURZON.COM


PENGENTAR BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI

ANALISIS SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET PESAWAT TERBANG PADA SITUS WWW.TURZON.COM
Nama :

Aditya Putra Jana Kusuma

NPM :

10115197

Kelas :

4KA13


UNIVERSITAS GUNADARMA

2019/2020




     1. Pendahuluan
Melihat semakin pesatnya perkembangan dunia pariwisata telah mengalami berbagai perubahan baik perubahan pola, bentuk dan sifat kegiatan, serta dorongan orang untuk melakukan perjalanan, cara berpikir, maupun sifat perkembangan itu sendiri. Pariwisata merupakan industri gaya baru yang mampu menyediakan pertumbuhan ekonomi yang cepat dalam hal kesempatan kerja, pendapatan, taraf hidup dan dalam mengaktifkan sektor lain di dalam Negara penerima wisatawan.

 Di samping itu pariwisata sebagai suatu sektor yang kompleks meliputi industri-industri seperti industri kerajinan tangan, industri cinderamata, penginapan dan transportasi. Sebagai industri jasa yang digolongkan sebagai industri ketiga, pariwisata cukup berperan penting dalam menetapkan kebijakan mengenai kesempatan kerja, dengan alasan semakin mendesaknya tuntutan akan kesempatan kerja yang tetap sehubungan dengan meningkatnya pertumbuhan wisata di masa yang akan datang.

Sektor pariwisata saat ini menjadi salah satu sektor unggulan bagi pemerintah Republik Indonesia dalam mendapatkan devisa negara. Untuk meningkatkan jumlah kunjungan pariwisata ke Indonesia, Pemerintah mencanangkan program-program. Dan program ini dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas menarik minat PT. TURZON yang bergerak dalam bidang Biro Perjalanan Wisata untuk turut serta menjadi pelaku mitra kerja bagi pemerintah di dalam mensukseskan program-program pemerintah sehubungan dengan meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Indonesia.

Dengan Sumber Daya Manusia dan pengalaman yang kami miliki kami berkeyakinan dan mampu untuk mengembangkan PT. TURZON menjadi salah satu perusahaan Biro Perjalanan Wisata  yang dapat menjadi mitra pemerintah di dalam menjalankan program-program dari pemerintah serta memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen atau pelanggan dengan mengedepankan profesionalisme.
2.  Tujuan
Melakukan penelitian tentang system pemesanan tiket pesawat dan memberikan alternative pemecahan atau penanggulangan dari masalah administrasi konsumen yang dihadapi dngan menggunakan teknologi internet agar system informasi pemesanan tiket menjadi lebih baik. Agar mahasiswa / pembaca dapat mengetahui tentang prosedur pemesanan tiket pesawat pada situs www.turzon.com Memberikan alternative pemecahan masalah system informasi pemesanan tiket pesawat dengan teknologi internet.

     3. Sejarah Perusahaan
PT. TURZON didirikan pada tahun 2012 dengan tenaga ahli yang sudah menekuni di bidang tour dan travel lebih dari 5 tahun.
Pada saat ini PT. TURZON telah menjadi agen reservasi secara online beberapa masakapai penting seperti Lion Air, Batavia Air, Sriwijaya Air, Citilink, GARUDA dan lain-lain serta telah menjamah paket wisata, travel antar-jemput pelabuhan dan bandara, dan sewa mobil.

Dengan berjalannya waktu dan dengan pelayanan terbaik yang diberikan oleh PT. TURZON, telahmemiliki reputasi yang baik dimata para pelanggan, sehingga usaha jasa ini dapat berjalan dan berkembang dengan baik hingga saat ini.
Sebagai suatu organisasi bisnis, PT. TURZON Tour  dan Travel memiliki visi dan misi sebagai acuan untuk menjalankan fungsi dan tugasnya agar tujuannya tercapai. Visi merupakan suatu pandangan perusahaan yang jauh ke depan yaitu kemana organisasi tersebut akan dibawa dan dikembangkan agar dapat mempertahankan eksistensinya. Sebuah visi dapat menjadi motivasi suatu organisasi untuk selalu inovatif dan kreatif.

Misi merupakan rumusan umum yang bersifat lebih luas dan bersifat jangka panjang mengenai maksud dan sifat dari sebuah organisasi. Misi mengandung filosofi bisnis, mensyaratkan citra yang ingin dipancarkan serta mencerminkan konsep diri perusahaan. Misi juga merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan sesuai dengan visi yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan organisasi.

     4. Visi Perusahaan
Visi dari PT. TURZON Tours & Travel adalah dapat memberikan Jasa Pelayanan yang terbaik dan berkualitas secara konsisten kepada semua Pelanggan, melalui produk dan layanan yang berkualitas, sehingga dapat menjadi Perusahaan Tour & Travel yang terbesar di Indonesia.

     5. Misi Perusahaan 
Sebagaimana badan usaha yang bergerak dalam bidang biro perjalanan wisata mempunyai misi Perusahaan sebagai berikut :
1.Memberikan Solusi kepada pelanggan dalam menggunakan Transportasi di Indonesia Memenuhi Kebutuhan pelanggan dengan Cepat, tepat, aman dan terpercaya.
2.Menjalankan misi sosial perusahaan kepada masyarakat
3.Memberikan Keuntungan optimal kepada pemegang saham.
4. Memelihara dan mengembagkan citra perusahaan yang baik dan bersih, serta profesionalisme yang tinggi.

Untuk mencapai misi tersebut, seluruh jajaran PT. TURZON sejak awal telah berupaya tetap semangat dan selalu menanamkan kultur kerjasama system pengelolaan perusahaan yang berorientasi pada hasil, komitmen terhadap transparansi kepada pemegang saham dan megutamakan kepuasan konsumen/ pelanggan.

     6.  Produk dan Layanan
Sebagaimana yang tercantum dalam Akte Pendirian Perusahaan, pada prinsipnya PT. TURZON ini menyediakan beberapa produk dan jasa pelayanan tour dan tarvel untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Produk dan jasa pelayanan tersebut adalah sebagai berikut:

Ticketing

Website ini menyediakan pelayanan pembelian tiket pesawat Domestik dan International, serta tiket kereta api. Beberapa tiket Airline yang website ini sediakan adalah Garuda, Lion Air, Batavia Air, Wings Air, Sriwijaya Air, Citilink dan lain-lain. Website ini memberikan pelayanan yang sebaik mungkin guna memudahkan pelanggan dalam reservasi tiket pesawat tersebut. 

Reservasi Hotel

Kami menyediakan berbagai hotel Domestik dan International. Begitu juga dengan berbagai kota di Indonesia. Kami dapat melakukan reservasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan jaringan yang luas, kebutuhan tempat menginap akan dapat terpenuhi. Kami juga akan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. 

Perjalanan Wisata (Tourism)

Kami menyediakan berbagai paket perjalanan wisata, Study excursie maupun wisata rohani. Beberapa diantaranya adalah perjalanan wisata ke Jakarta, Bandung, Bali dan Lombok, Yogyakarta dan lain-lain. 

Travel

Kami merupakan agen yang telah berpengalaman dalam jasa travel dengan Dengan fasilitas yang memuaskan, serta bekerja sama dengan asuransi. Kami memberikan layanan terbaik bagi pelanggan sehingga perjalanan bisnis ataupun biasa akan semakin menyenangkan.  

Rental Mobil

Perjalanan wisata ataupun bisnis tidak akan lancar bila tidak didukung oleh kendaraan atau mobil. Bagi pelanggan yang ingin menggunakan mobil untuk perjalanan dalam maupun luar kota, kami menyewakan mobil dengan berbagai tipe dan merek.

     7. Pemesanan & pembelian online
Kontrak untuk produk dan jasa
Kecuali dicantumkan di website ini, TURZON, yang akan disebut sebagai Operator, bertindak sebagai agen penyedia untuk pihak ketiga dan distributor untuk semua produk dan jasa yang dibeli oleh Anda di website ini. Anda dapat memesan atau membeli produk dan layanan secara online di website ini. Kontrak untuk penjualan dan pembelian produk dan jasa dapat dilakukan secara online di website ini dengan persetujuan Anda, terhadap produk dan jasa yang ditawarkan di situs ini ("Kontrak") oleh penyedia pihak ketiga dan /atau distributor dan/atau di mana dinyatakan, oleh Operator, dan Anda dengan ini setuju untuk melepaskan hak untuk menentang keabsahan atau berlakunya Kontrak yang dicantumkan di website ini dengan alasan bahwa itu dibuat dalam bentuk elektronik, bukan di kertas dan/atau ditandatangani atau disegel. Harap dicatat bahwa dengan menyatakan penerimaan Anda untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan di situs, Anda berkewajiban untuk menyelesaikan transaksi tersebut.Anda dilarang untuk menyatakan penerimaan Anda untuk membeli produk dan layanan di mana Anda tidak bermaksud untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Anda bertanggung jawab untuk  memastikan kepatuhan terhadap semua hukum yang berlaku. Dengan mengajukan permintaan untuk membeli barang atau jasa, Anda mewakili dan menjamin bahwa Anda memiliki hak yang sah menurut hukum untuk membeli, memanfaatkan dan/atau memiliki barang atau jasa tersebut.
Tanpa mengabaikan apapun yang bertentangan, Anda mengakui bahwa Kontrak secara tegas dikondisikan pada Operator dan kepuasan agen resminya dalam hal akurasi, kelengkapan dan kecukupan informasi yang Anda berikan, yang akan ditentukan dan dilaksanakan tanpa tanggung jawab kepada Operator dalam kebijaksanaannya.

Penyedia layanan perjalanan pihak ketiga
Anda dapat terikat oleh syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh penyedia layanan perjalanan, di mana Operator bertindak sebagai agen, termasuk kondisi pengangkutan, pengembalian dan pembatalan penerbangan, dll.
Operator tidak bertanggung jawab atas klaim terhadap tidak terpenuhinya atau ketidakpuasan akan produk dan jasa yang dibeli oleh Operator atas nama Anda dari penyedia pihak ketiga dan distributor, seperti, namun tidak terbatas pada, maskapai penerbangan, hotel, operator tur, persewaan mobil, perusahaan asuransi, dan entitas lain. Terkadang, perusahaan penerbangan dan penyedia perjalanan layanan membuat reservasi lebih banyak dari tempat yang tersedia, atau menjadwal ulang penerbangan. Operator tidak bertanggug jawab akan hal semacam itu.

Paspor, visa dan informasi kesehatan
Banyak negara mewajibkan warga negara asing untuk mempunyai paspor yang berlaku setidaknya enam (6) bulan.Informasi ini serta informasi terkait lainnya yang diberikan oleh Operator atau afiliasi lainnya, dan setiap link dalam situs diberikan dengan itikad baik, dan harus diperlakukan sebagai pedoman saja.Paspor, Visa (termasuk setiap dan semua visa transit) dan persyaratan kesehatan merupakan tanggung jawab dari setiap wisatawan.Setiap wisatawan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa dokumentasi perjalanan yang dimiliki adalah benar.Operator berhak untuk menolak setiap pemesanan atau pembelian dengan alasan apapun dan tidak bertanggung jawab atas kerugian, kerusakan atau kompensasi. Dalam peristiwa seperti itu, Operator akan mengembalikan semua uang Anda yang digunakan dalam pembelian.

Pemesanan tumpang tindih 
Anda setuju bahwa beberapa pemesanan tumpang tindih untuk perjalanan yang sama tidak diperbolehkan dan dapat mengakibatkan kerusakan dan kerugian Operator, yang akan Anda tanggung sepenuhnya.

Syarat dan kondisi produk dan layanan
Produk dan layanan tertentu memiliki syarat dan kondisi khusus yang berlaku di samping Syarat dan Kondisi ini. Penting bagi Anda untuk mendapatkan dan membaca syarat dan ketentuan yang berlaku bagi produk-produk dan layanan tersebut karena adanya kemungkinan pengecualian atau pembatasan tanggung jawab, dan syarat dan ketentuan lainnya, termasuk pembatasan pada perubahan atau pembatalan.Beberapa persyaratan dan ketentuan untuk produk dan jasa tertentu dapat mencakup syarat dan kondisi yang tertera pada layar Anda dan bagian manapun dari website ini.Bila ada syarat dan kondisi untuk produk atau jasa tertentu yang tidak sesuai dengan dan Syarat dan Ketentuan ini, persyaratan dan kondisi untuk produk atau jasa tertentu itulah yang berlaku.

Ketersediaan Produk
Informasi di situs ini dapat mencakup referensi atau referensi silang produk dan/atau jasa yang mungkin tidak tersedia di negara Anda.Referensi seperti berikut tidak berarti bahwa Operator berminat untuk menyediakan produk dan/atau jasa tersebut di negara Anda. Bila ragu-ragu, silakan hubungi kantor kami di 021-54352163 untuk informasi lebih lanjut.

     8. Harga
Kecuali secara tegas dinyatakan, semua harga di situs ini sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN).Anda wajib membayar penuh jumlah yang tertera. Semua harga produk dan layanan yang tertera dapat berubah tergantung dari ketersediaan tempat  yang dinyatakan oleh penyedia, dan harga tersebut belum final sampai produk dan layanan yang bersangkutan terbayar penuh.
Untuk beberapa pemesanan, Anda akan diminta untuk membayar biaya pemesanan/booking fee. Beberapa pajak bandara bukan bersifat prabayar, jadi Anda harus membayar ketika diperlukan. Beberapa maskapai penerbangan atau penyedia layanan perjalanan telah memperkenalkan biaya bahan bakar yang mungkin tidak tertera dalam harga yang ditunjukkan dan akan menjadi biaya tambahan. Untuk layanan perjalanan seperti tiket pesawat, harga, kondisi tarif, dan kelas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.Pembatasan routing dan kondisi khusus lainnya mungkin berlaku.

      9. Pemesanan & pembelian yang dibatalkan, ditolak, atau tidak digunakan
Pembeli dapat membatalkan pemesanan atau pembelian dengan menghubungi kantor kami di 021-54352163. Sesuai dengan syarat dan ketentuan khusus yang berlaku, ada kemungkinan permintaan pembatalan Anda terhadap produk atau layanan tertentu ditolak atau memerlukan waktu pemrosesan yang lamanya berbeda-beda, tergantung dari jenis produk dan layanan. Pembatalan dapat dikenakan biaya pembatalan yang akan Anda tanggung sepenuhnya. Harap dicatat bahwa tiket pesawat yang telah dikonfirmasi tidak dapat dibatalkan.
Operator berhak untuk menolak setiap pemesanan atau pembelian dengan alasan apapun dan tidak bertanggung jawab atas klaim yang dihasilkan dari kerugian, kerusakan atau kompensasi. Dalam peristiwa seperti itu, Operator akan mengembalikan semua uang pembeli yang digunakan dalam pembelian.
Untuk pemesanan dan pembelian yang telah terbayar, pengembalian dana akan dilakukan (sesuai dengan kebijakan pengembalian dana). Proses pengembalian dana tiket pesawat dapat memerlukan waktu kira-kira dua (2) sampai tiga (3) bulan. Jadwal pengembalian dana ini adalah sebagai panduan saja dan tidak bersifat mengikat Operator.
Pembeli setuju untuk menanggung biaya penuh dari setiap pemesanan, pembatalan dan biaya administrasi setiap produk atau jasa yang telah dipesan tetapi dengan alasan apapun, tidak digunakan.Dalam beberapa kasus, Operator dapat mengenakan biaya pembatalan dan/atau biaya perubahan selain yang dikenakan oleh penyedia layanan perjalanan.

10. Perubahan pemesanan & pembelian
Disini kita dapat melakukan perubahan pemesanan dan pemesanan.Harap dicatat bahwa persyaratan dan kondisi untuk perubahan reservasi dan pembelian bervariasi untuk setiap produk dan layanan.Pembeli tidak dapat mengubah pesanan atau pembelian secara online di website ini. Pembeli dapat mengubah pesanan atau pembelian dengan menghubungi kantor PT. TURZON di 021-54352163. Bila pembeli ingin mengubah reservasi, permintaan perubahan harus diajukan setidaknya tujuh (7) hari sebelum perjalanan atau layanan dimulai dan dapat dikenakan biasa administrasi yang pembeli tanggung penuh.Harap dicatat bahwa perubahan tiket pesawat yang telah dikonfirmasi tidak dapat dilakukan.
Pengembalian dana akan memakan waktu sekitar dua (2) sampai tiga (3) bulan untuk memproses pengembalian dana tiket pesawat. Jadwal pengembalian berikut digunakan sebagai panduan pembeli saja.Operator tidak terikat dengan peraturan ini.
Sesuai dengan penelitian yang penulis lakukan, dalam website ini cukup mudah untuk melakukan pemesanan dan pembaca juga dapat mendaftarkan diri saudara menjadi agen agar pembaca dapat menjadi penjual tiket terhadap pengguna lain.
Cara yang perlu pembaca lakukan cukup mudah, pembaca cukup melakukan registrasi secara on line pada menu register yang ada di pojok kanan atas. Kemudian pilih “Agen” atau “member” dan pilih lalu cantumkan biodata selengkap mungkin jangan lupa ingat baik-baik password dan ID member pembaca untuk memastikan saat login tidak terjadi kesalahan.
Ketika pembaca memilih untuk menjadi agen, setelah selesai menyelesaikan ppendaftaran Registrasi,, saudara dapat lagu melakukan penjualan kkepada calon pembeli lain. Apabila pembaca mendaftarkan diri anda hanya sebagai member (pembeli), maka pembaca dapat langsung memilih jadwal penerbangan dan nama pesawat dan tujuan penerbangan yang pembaca inginkan.
Seteleh pembaca memutuskan untuk memilih tiket yang sesuai dengan kemauan/ kebutuhan pembaca. Maka pembaca dapat langsung melakukan pembayaran via transfer. Jika berhasil untuk melakukan pembayaran secara transfer, segera lakukan konfirmasi dan kemudian cetak slip tiket sementara.
Perlu pembaca ketahui, bahwa pernah terjadi satu kasus yaitu ketika tiket yang dibeli tertera kata available ternyata ketika pembeli hendak menukarkan struk tiket sementara di kasir tiket dengan nomr penerbangan yang telah dipesan pada website online ini tidak dapat diproses, dikarekan tiket yang dibeli tersebut telah terjual jauh sebelum pembeli ini membelinya. Hal ini bias menyebankan pembeli kecewa terhadap pelayan pihak travel agent.
Bila ditelaah hal seperti ini disebabkan karena kesalahan pihak operator yang tidak dengan sigap mengganti tiket-tiket mana saja yang sudah tidak bias diissud.
Sementara hal ini sebenarnya bisa ditanggulangi dengan menggunanan system yang lebih canggih lagi. Agar masalh serupa tidak terjadi kembali, namun untuk menciptakan system yang bias membantu pihak pengelola website ini tidak lah mudah.ada beberapa hal yang perlu dipertimbangan yang perlu dilakukan serta diperlukan progremen yang handal untuk membuat programnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Ilmiah Speaker berbasis “Bluetooth” Simbadda

Top-Down Testing