ANALISIS SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET PESAWAT TERBANG PADA SITUS WWW.TURZON.COM
PENGENTAR BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI
ANALISIS SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET PESAWAT TERBANG PADA SITUS WWW.TURZON.COM
Nama :
Aditya Putra Jana Kusuma
NPM :
10115197
Kelas :
4KA13
UNIVERSITAS GUNADARMA
2019/2020
1. Pendahuluan
Melihat semakin pesatnya perkembangan
dunia pariwisata telah mengalami berbagai perubahan baik perubahan pola, bentuk
dan sifat kegiatan, serta dorongan orang untuk melakukan perjalanan, cara
berpikir, maupun sifat perkembangan itu sendiri. Pariwisata merupakan industri
gaya baru yang mampu menyediakan pertumbuhan ekonomi yang cepat dalam hal
kesempatan kerja, pendapatan, taraf hidup dan dalam mengaktifkan sektor lain di
dalam Negara penerima wisatawan.
Di samping itu pariwisata sebagai suatu
sektor yang kompleks meliputi industri-industri seperti industri kerajinan
tangan, industri cinderamata, penginapan dan transportasi. Sebagai industri
jasa yang digolongkan sebagai industri ketiga, pariwisata cukup berperan
penting dalam menetapkan kebijakan mengenai kesempatan kerja, dengan alasan
semakin mendesaknya tuntutan akan kesempatan kerja yang tetap sehubungan dengan
meningkatnya pertumbuhan wisata di masa yang akan datang.
Sektor pariwisata saat
ini menjadi salah satu sektor unggulan bagi pemerintah Republik Indonesia dalam
mendapatkan devisa negara. Untuk meningkatkan jumlah kunjungan pariwisata ke
Indonesia, Pemerintah mencanangkan program-program. Dan program ini dijadikan
sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia.
Sehubungan dengan hal
tersebut diatas menarik minat PT. TURZON yang bergerak dalam bidang Biro
Perjalanan Wisata untuk turut serta menjadi pelaku mitra kerja bagi pemerintah
di dalam mensukseskan program-program pemerintah sehubungan dengan meningkatkan
jumlah kunjungan wisata ke Indonesia.
Dengan Sumber Daya
Manusia dan pengalaman yang kami miliki kami berkeyakinan dan mampu untuk mengembangkan PT. TURZON
menjadi salah satu perusahaan Biro Perjalanan Wisata yang dapat menjadi
mitra pemerintah di dalam menjalankan program-program dari pemerintah serta
memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen atau pelanggan dengan
mengedepankan profesionalisme.
2. Tujuan
Melakukan penelitian tentang system pemesanan
tiket pesawat dan memberikan alternative pemecahan atau penanggulangan dari
masalah administrasi konsumen yang dihadapi dngan menggunakan teknologi
internet agar system informasi pemesanan tiket menjadi lebih baik. Agar mahasiswa / pembaca dapat mengetahui tentang prosedur
pemesanan tiket pesawat pada situs www.turzon.com Memberikan alternative pemecahan masalah
system informasi pemesanan tiket pesawat dengan teknologi internet.
3. Sejarah Perusahaan
PT. TURZON didirikan pada tahun 2012
dengan tenaga ahli yang sudah menekuni di bidang tour dan travel lebih dari 5
tahun.
Pada saat ini PT. TURZON telah menjadi agen reservasi
secara online beberapa masakapai penting seperti Lion Air, Batavia Air,
Sriwijaya Air, Citilink, GARUDA dan lain-lain serta telah menjamah paket
wisata, travel antar-jemput pelabuhan dan bandara, dan sewa mobil.
Dengan berjalannya waktu dan dengan pelayanan
terbaik yang diberikan oleh PT. TURZON, telahmemiliki reputasi yang baik
dimata para pelanggan, sehingga usaha jasa ini dapat berjalan dan berkembang
dengan baik hingga saat ini.
Sebagai suatu organisasi bisnis, PT. TURZON Tour dan Travel memiliki visi
dan misi sebagai acuan untuk menjalankan fungsi dan tugasnya agar tujuannya
tercapai. Visi merupakan suatu pandangan perusahaan yang jauh ke depan yaitu
kemana organisasi tersebut akan dibawa dan dikembangkan agar dapat
mempertahankan eksistensinya. Sebuah visi dapat menjadi motivasi suatu
organisasi untuk selalu inovatif dan kreatif.
Misi merupakan rumusan
umum yang bersifat lebih luas dan bersifat jangka panjang mengenai maksud dan
sifat dari sebuah organisasi. Misi mengandung filosofi bisnis, mensyaratkan
citra yang ingin dipancarkan serta mencerminkan konsep diri perusahaan. Misi
juga merupakan sesuatu yang harus dilaksanakan sesuai dengan visi yang
telah ditetapkan untuk mencapai tujuan organisasi.
4. Visi
Perusahaan
Visi dari PT. TURZON Tours &
Travel adalah dapat memberikan Jasa Pelayanan yang terbaik dan berkualitas
secara konsisten kepada semua Pelanggan, melalui produk dan
layanan yang berkualitas, sehingga dapat menjadi Perusahaan Tour & Travel yang terbesar di
Indonesia.
5. Misi
Perusahaan
Sebagaimana badan usaha yang bergerak dalam
bidang biro perjalanan wisata mempunyai misi Perusahaan sebagai berikut :
1.Memberikan Solusi kepada pelanggan dalam menggunakan
Transportasi di Indonesia Memenuhi Kebutuhan pelanggan dengan Cepat, tepat,
aman dan terpercaya.
2.Menjalankan misi sosial perusahaan kepada masyarakat
3.Memberikan Keuntungan optimal kepada pemegang saham.
4. Memelihara dan mengembagkan citra perusahaan yang baik
dan bersih, serta profesionalisme yang tinggi.
Untuk mencapai misi tersebut, seluruh jajaran
PT. TURZON sejak awal telah berupaya tetap semangat dan selalu
menanamkan kultur kerjasama system pengelolaan perusahaan yang berorientasi
pada hasil, komitmen terhadap transparansi kepada pemegang saham dan
megutamakan kepuasan konsumen/ pelanggan.
6. Produk
dan Layanan
Sebagaimana yang tercantum dalam Akte
Pendirian Perusahaan, pada prinsipnya PT. TURZON ini menyediakan
beberapa produk dan jasa pelayanan tour dan tarvel untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Produk dan jasa pelayanan tersebut adalah sebagai berikut:
Ticketing
Website ini menyediakan
pelayanan pembelian tiket pesawat Domestik dan International, serta tiket
kereta api. Beberapa tiket Airline yang website ini sediakan adalah Garuda,
Lion Air, Batavia Air, Wings Air, Sriwijaya Air, Citilink dan lain-lain.
Website ini memberikan pelayanan yang sebaik mungkin guna memudahkan pelanggan
dalam reservasi tiket pesawat tersebut.
Reservasi Hotel
Kami menyediakan berbagai
hotel Domestik dan International. Begitu juga dengan berbagai kota di
Indonesia. Kami dapat melakukan reservasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Dengan jaringan yang luas, kebutuhan tempat menginap akan dapat terpenuhi. Kami
juga akan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.
Perjalanan Wisata (Tourism)
Kami menyediakan berbagai
paket perjalanan wisata, Study excursie maupun wisata rohani. Beberapa
diantaranya adalah perjalanan wisata ke Jakarta, Bandung, Bali dan Lombok,
Yogyakarta dan lain-lain.
Travel
Kami merupakan agen yang
telah berpengalaman dalam jasa travel dengan Dengan fasilitas yang memuaskan,
serta bekerja sama dengan asuransi. Kami memberikan layanan terbaik bagi
pelanggan sehingga perjalanan bisnis ataupun biasa akan semakin
menyenangkan.
Rental Mobil
Perjalanan wisata ataupun
bisnis tidak akan lancar bila tidak didukung oleh kendaraan atau mobil. Bagi
pelanggan yang ingin menggunakan mobil untuk perjalanan dalam maupun luar kota,
kami menyewakan mobil dengan berbagai tipe dan merek.
7. Pemesanan
& pembelian online
Kontrak untuk produk dan jasa
Kecuali dicantumkan di website ini, TURZON,
yang akan disebut sebagai Operator, bertindak sebagai agen penyedia untuk pihak
ketiga dan distributor untuk semua produk dan jasa yang dibeli oleh Anda di
website ini. Anda dapat memesan atau membeli produk dan layanan secara online
di website ini. Kontrak untuk penjualan dan pembelian produk dan jasa dapat
dilakukan secara online di website ini dengan persetujuan Anda, terhadap produk
dan jasa yang ditawarkan di situs ini ("Kontrak") oleh penyedia pihak
ketiga dan /atau distributor dan/atau di mana dinyatakan, oleh Operator, dan
Anda dengan ini setuju untuk melepaskan hak untuk menentang keabsahan atau
berlakunya Kontrak yang dicantumkan di website ini dengan alasan bahwa itu
dibuat dalam bentuk elektronik, bukan di kertas dan/atau ditandatangani atau
disegel. Harap dicatat bahwa dengan menyatakan penerimaan Anda untuk membeli
produk atau layanan yang ditawarkan di situs, Anda berkewajiban untuk
menyelesaikan transaksi tersebut.Anda dilarang untuk menyatakan penerimaan Anda
untuk membeli produk dan layanan di mana Anda tidak bermaksud untuk
menyelesaikan transaksi tersebut. Anda bertanggung jawab untuk memastikan
kepatuhan terhadap semua hukum yang berlaku. Dengan mengajukan permintaan untuk
membeli barang atau jasa, Anda mewakili dan menjamin bahwa Anda memiliki hak
yang sah menurut hukum untuk membeli, memanfaatkan dan/atau memiliki barang
atau jasa tersebut.
Tanpa mengabaikan apapun yang bertentangan,
Anda mengakui bahwa Kontrak secara tegas dikondisikan pada Operator dan
kepuasan agen resminya dalam hal akurasi, kelengkapan dan kecukupan informasi
yang Anda berikan, yang akan ditentukan dan dilaksanakan tanpa tanggung jawab
kepada Operator dalam kebijaksanaannya.
Penyedia layanan perjalanan pihak
ketiga
Anda dapat terikat oleh syarat dan ketentuan
yang diberlakukan oleh penyedia layanan perjalanan, di mana Operator bertindak
sebagai agen, termasuk kondisi pengangkutan, pengembalian dan pembatalan
penerbangan, dll.
Operator tidak bertanggung jawab atas klaim terhadap tidak
terpenuhinya atau ketidakpuasan akan produk dan jasa yang dibeli oleh Operator
atas nama Anda dari penyedia pihak ketiga dan distributor, seperti, namun tidak
terbatas pada, maskapai penerbangan, hotel, operator tur, persewaan mobil,
perusahaan asuransi, dan entitas lain. Terkadang, perusahaan penerbangan dan
penyedia perjalanan layanan membuat reservasi lebih banyak dari tempat yang
tersedia, atau menjadwal ulang penerbangan. Operator tidak bertanggug jawab
akan hal semacam itu.
Paspor, visa dan informasi kesehatan
Banyak negara mewajibkan warga negara asing
untuk mempunyai paspor yang berlaku setidaknya enam (6) bulan.Informasi ini
serta informasi terkait lainnya yang diberikan oleh Operator atau afiliasi
lainnya, dan setiap link dalam situs diberikan dengan itikad baik, dan harus
diperlakukan sebagai pedoman saja.Paspor, Visa (termasuk setiap dan semua visa
transit) dan persyaratan kesehatan merupakan tanggung jawab dari setiap
wisatawan.Setiap wisatawan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa dokumentasi
perjalanan yang dimiliki adalah benar.Operator berhak untuk menolak setiap
pemesanan atau pembelian dengan alasan apapun dan tidak bertanggung jawab atas
kerugian, kerusakan atau kompensasi. Dalam peristiwa seperti itu, Operator akan
mengembalikan semua uang Anda yang digunakan dalam pembelian.
Pemesanan tumpang tindih
Anda setuju bahwa beberapa pemesanan tumpang
tindih untuk perjalanan yang sama tidak diperbolehkan dan dapat mengakibatkan
kerusakan dan kerugian Operator, yang akan Anda tanggung sepenuhnya.
Syarat dan kondisi produk dan layanan
Produk dan layanan tertentu memiliki syarat
dan kondisi khusus yang berlaku di samping Syarat dan Kondisi ini. Penting bagi
Anda untuk mendapatkan dan membaca syarat dan ketentuan yang berlaku bagi
produk-produk dan layanan tersebut karena adanya kemungkinan pengecualian atau
pembatasan tanggung jawab, dan syarat dan ketentuan lainnya, termasuk
pembatasan pada perubahan atau pembatalan.Beberapa persyaratan dan ketentuan
untuk produk dan jasa tertentu dapat mencakup syarat dan kondisi yang tertera
pada layar Anda dan bagian manapun dari website ini.Bila ada syarat dan kondisi
untuk produk atau jasa tertentu yang tidak sesuai dengan dan Syarat dan
Ketentuan ini, persyaratan dan kondisi untuk produk atau jasa tertentu itulah
yang berlaku.
Ketersediaan Produk
Informasi di situs ini dapat mencakup
referensi atau referensi silang produk dan/atau jasa yang mungkin tidak
tersedia di negara Anda.Referensi seperti berikut tidak berarti bahwa Operator
berminat untuk menyediakan produk dan/atau jasa tersebut di negara Anda. Bila
ragu-ragu, silakan hubungi kantor kami di 021-54352163 untuk informasi lebih
lanjut.
8. Harga
Kecuali secara tegas dinyatakan, semua harga
di situs ini sudah termasuk pajak pertambahan nilai (PPN).Anda wajib membayar
penuh jumlah yang tertera. Semua harga produk dan layanan yang tertera dapat
berubah tergantung dari ketersediaan tempat yang dinyatakan oleh
penyedia, dan harga tersebut belum final sampai produk dan layanan yang
bersangkutan terbayar penuh.
Untuk beberapa pemesanan, Anda akan diminta
untuk membayar biaya pemesanan/booking fee. Beberapa pajak bandara bukan
bersifat prabayar, jadi Anda harus membayar ketika diperlukan. Beberapa
maskapai penerbangan atau penyedia layanan perjalanan telah memperkenalkan
biaya bahan bakar yang mungkin tidak tertera dalam harga yang ditunjukkan dan
akan menjadi biaya tambahan. Untuk layanan perjalanan seperti tiket pesawat,
harga, kondisi tarif, dan kelas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa
pemberitahuan.Pembatasan routing dan kondisi khusus lainnya mungkin berlaku.
9. Pemesanan
& pembelian yang dibatalkan, ditolak, atau tidak digunakan
Pembeli dapat membatalkan pemesanan atau
pembelian dengan menghubungi kantor kami di 021-54352163. Sesuai dengan syarat
dan ketentuan khusus yang berlaku, ada kemungkinan permintaan pembatalan Anda
terhadap produk atau layanan tertentu ditolak atau memerlukan waktu pemrosesan
yang lamanya berbeda-beda, tergantung dari jenis produk dan layanan. Pembatalan
dapat dikenakan biaya pembatalan yang akan Anda tanggung sepenuhnya. Harap
dicatat bahwa tiket pesawat yang telah dikonfirmasi tidak dapat dibatalkan.
Operator berhak untuk menolak setiap pemesanan atau pembelian
dengan alasan apapun dan tidak bertanggung jawab atas klaim yang dihasilkan
dari kerugian, kerusakan atau kompensasi. Dalam peristiwa seperti itu, Operator
akan mengembalikan semua uang pembeli yang digunakan dalam pembelian.
Untuk pemesanan dan pembelian yang telah
terbayar, pengembalian dana akan dilakukan (sesuai dengan kebijakan
pengembalian dana). Proses pengembalian dana tiket pesawat dapat memerlukan
waktu kira-kira dua (2) sampai tiga (3) bulan. Jadwal pengembalian dana ini
adalah sebagai panduan saja dan tidak bersifat mengikat Operator.
Pembeli setuju untuk menanggung biaya penuh dari setiap
pemesanan, pembatalan dan biaya administrasi setiap produk atau jasa yang telah
dipesan tetapi dengan alasan apapun, tidak digunakan.Dalam beberapa kasus,
Operator dapat mengenakan biaya pembatalan dan/atau biaya perubahan selain yang
dikenakan oleh penyedia layanan perjalanan.
10. Perubahan
pemesanan & pembelian
Disini kita dapat melakukan perubahan
pemesanan dan pemesanan.Harap dicatat bahwa persyaratan dan kondisi untuk
perubahan reservasi dan pembelian bervariasi untuk setiap produk dan
layanan.Pembeli tidak dapat mengubah pesanan atau pembelian secara online di
website ini. Pembeli dapat mengubah pesanan atau pembelian dengan menghubungi
kantor PT. TURZON di 021-54352163. Bila pembeli ingin mengubah reservasi,
permintaan perubahan harus diajukan setidaknya tujuh (7) hari sebelum
perjalanan atau layanan dimulai dan dapat dikenakan biasa administrasi yang
pembeli tanggung penuh.Harap dicatat bahwa perubahan tiket pesawat yang telah
dikonfirmasi tidak dapat dilakukan.
Pengembalian dana akan memakan waktu sekitar
dua (2) sampai tiga (3) bulan untuk memproses pengembalian dana tiket pesawat.
Jadwal pengembalian berikut digunakan sebagai panduan pembeli saja.Operator
tidak terikat dengan peraturan ini.
Sesuai dengan penelitian yang penulis lakukan,
dalam website ini cukup mudah untuk melakukan pemesanan dan pembaca juga dapat
mendaftarkan diri saudara menjadi agen agar pembaca dapat menjadi penjual tiket
terhadap pengguna lain.
Cara yang perlu pembaca lakukan cukup mudah,
pembaca cukup melakukan registrasi secara on line pada menu register yang ada
di pojok kanan atas. Kemudian pilih “Agen” atau “member” dan pilih lalu
cantumkan biodata selengkap mungkin jangan lupa ingat baik-baik password dan ID
member pembaca untuk memastikan saat login tidak terjadi kesalahan.
Ketika pembaca memilih untuk menjadi agen,
setelah selesai menyelesaikan ppendaftaran Registrasi,, saudara dapat lagu
melakukan penjualan kkepada calon pembeli lain. Apabila pembaca mendaftarkan
diri anda hanya sebagai member (pembeli), maka pembaca dapat langsung memilih
jadwal penerbangan dan nama pesawat dan tujuan penerbangan yang pembaca
inginkan.
Seteleh pembaca memutuskan untuk memilih tiket
yang sesuai dengan kemauan/ kebutuhan pembaca. Maka pembaca dapat langsung
melakukan pembayaran via transfer. Jika berhasil untuk melakukan pembayaran
secara transfer, segera lakukan konfirmasi dan kemudian cetak slip tiket
sementara.
Perlu pembaca ketahui, bahwa pernah terjadi satu kasus yaitu
ketika tiket yang dibeli tertera kata available ternyata ketika pembeli hendak
menukarkan struk tiket sementara di kasir tiket dengan nomr penerbangan yang
telah dipesan pada website online ini tidak dapat diproses, dikarekan tiket
yang dibeli tersebut telah terjual jauh sebelum pembeli ini membelinya. Hal ini
bias menyebankan pembeli kecewa terhadap pelayan pihak travel agent.
Bila ditelaah hal seperti ini disebabkan
karena kesalahan pihak operator yang tidak dengan sigap mengganti tiket-tiket
mana saja yang sudah tidak bias diissud.
Sementara hal ini sebenarnya bisa ditanggulangi dengan
menggunanan system yang lebih canggih lagi. Agar masalh serupa tidak terjadi
kembali, namun untuk menciptakan system yang bias membantu pihak pengelola
website ini tidak lah mudah.ada beberapa hal yang perlu dipertimbangan yang
perlu dilakukan serta diperlukan progremen yang handal untuk membuat
programnya.
Komentar
Posting Komentar