Makalah Ilmiah Speaker berbasis “Bluetooth” Simbadda

Nama Anggota Kelompok :
  1. Adam Muhammad Setia (10115080)
  2. Adienda Nur Amalina (10115140)
  3. Aditia Firmansyah (10115159)
  4. Aditya Putra Jana K (10115197)
  5. Andrea Suryana (10115724)
  6. Andri Cristian Purba (10115742)
  7. Danang Antok Prabowo (11115562)
Kelas : 3KA13
Mata Kuliah : Pengetahuan Teknologi Sistem Cerdas #
Dosen : Eel Susilowati

Abstraksi
Penggunaan teknologi khususnya sistem suara (sound system) adalah menjadi sangatlah penting dan bahkan menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam penyelenggaraan suatu acara. Penggunaan sistem suara (sound system) dalam berbagai keperluan tersebut, Dalam konteks komputerisasi, speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri. Speaker Sambadda ini menjadi favorit bagi pengguna komputer desktop kita karena ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Speaker merk Simbadda ini sebagai merk speaker komputer Bluetooth yang murah dan berkualitas yang portable. Simbadda ini sebagai merk speaker komputer Bluetooth yang murah dan berkualitas. Kualitas dari Simbadda Speaker Bluetooth CST 160 N karena didukung oleh battere yang bisa dicharger dengan kapasitas 3.7 V 1500 mAh. Ukuran Speaker ini adalah panjang 167 x 67 x 59 mm sehingga mudah dibawa kemana-mana, tak hanya di desktop anda saja.
Key : Speaker ,  Simbadda , Teknologi

BAB I PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG MASALAH
Kebutuhan masyarakat akan teknologi dewasa ini semakin meningkat seiring dengan perubahan kultur sosial budaya dalam masyarakat. Hal ini menuntut penggunaan perangkat teknologi dalam segala aspek kehidupan manusia. Dalam aspek sosial, manusia membutuhkan hubungan sosial dengan manusia lainnya. Salah satu bentuk pemenuhan kebutuhan sosial dalam masyarakat adalah dengan adanya penyelenggaraan suatu acara, baik berupa hiburan maupun acara seremonial lainnya seperti upacara adat, upacara keagamaan dan lain sebagainya.
Penyelenggaraan acara-acara tersebut dalam kapasitas yang besar menuntut adanya suatu ruang yang cukup besar. Dengan demikian penggunaan teknologi khususnya sistem suara (sound system) adalah menjadi sangatlah penting dan bahkan menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam penyelenggaraan suatu acara. Penggunaan sistem suara (sound system) dalam berbagai keperluan tersebut, menuntut pengolahan sinyal suara dari berbagai sumber masukan. Pengolahan audio yang berasal dari input audio langsung, berupa microphone baik yang digunakan untuk pemungut suara manusia (tuturan atau vocal) maupun yang digunakan untuk pemungut suara dari alat musik, sering ditemui beberapa kesulitan dalam pengolahannya, antara lain:
  1. Penempatan alat pemungut suara, dalam hal ini microphone pada alat musik yang akan diolah suaranya. Hal ini berkaitan dengan cakupan 1 2 daerah pengambilan suara dan karakteristik nada yang dihasilkan oleh alat musik.
  2. Penggunaan microphone pada pengolahan vocal terkait dengan jarak microphone dengan sumber suara (mulut), serta mobilitas orang yang menggunakan microphone. Hal tersebut mempengaruhi kuat suara (amplitude) dan karakteristik suara yang akan diolah.
  3. Penempatan speaker sebagai output pengolahan suara terhadap posisi pemungut suara atau microphone. Penempatan speaker yang berhadapan langsung dengan microphone dan dalam jarak yang relative dekat dapat menyebabkan terjadinya umpan balik positif dalam sebuah sistem pengolahan suara (audio) yang jelas sangat mengganggu karena menimbulkan suara tidak harmonis dan cenderung tidak terkontrol.
Tiga hal tersebut erat kaitannya dengan kualitas pengolahan suara yang akan dihasilkan oleh sebuah sistem suara (sound system). Pengaturan gain yang terlalu besar, pengaturan tone yang cenderung pada nada-nada tinggi (treble), serta penempatan microphone yang terlalu dekat dengan output suatu sistem suara (sound system) berupa speaker dapat mengakibatkan timbulnya gangguan suara yang berupa umpan balik positif. Masalah-masalah tersebut menjadi acuan penulis mengembangkan sistem yang lebih baik. Peneliti mencoba untuk merancang dan membuat sebuah aksesoris sistem suara (sound system) untuk mengatasi masalah yang ada secara sederhana dan efisien.
TUJUAN PENELITIAN
Penelitian yang dilakukan pada kesempatan ini dibatasi hanya pada hal-hal sebagai berikut:
  1. Merancang sebuah pencegah gangguan umpan balik positif sebagai salah satu solusi mengatasi gangguan umpan balik positif pada suatu sound system.
  2. Mengaplikasikan sebuah pencegah gangguan umpan balik positif pada sebuah sound system untuk mengatasi gangguan umpan balik positif pada pengolahan suara.
BAB 2 ISI
Perangkat Keras yang berupa Speaker merupakan piranti dengan kedudukannya hampir tidak bisa dipisahkan lagi dengan komputer. Karena itu, speaker memiliki peran yang sangat penting dalam mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara. Tentunya, kebanyakan pengguna komputer menyukai musik atau video sehingga membutuhkan speaker untuk mendukung keinginan tadi. Speaker komputer dapat berfungsi sebagaimana mestinya apabila didukung perangkat keras bernamakan sound card atau pemroses audio/suara. Sementara untuk modelnya, speaker memiliki beragam bentuk, fitur dan juga ukuran.
PENGERTIAN SPEAKER
Speaker adalah perangkat keras output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemrosesan oleh CPU berupa audio/suara. Speaker juga bisa di sebut alat bantu untuk keluaran suara yang dihasilkan oleh perangkat musik seperti MP3 Player, DVD Player dan lain sebagainya.
FUNGSI SPEAKER
Dalam konteks komputerisasi, speaker memiliki fungsi sebagai alat untuk mengubah gelombang listrik yang mulanya dari perangkat penguat audio/suara menjadi gelombang getaran yaitu berupa suara itu sendiri. Proses dari perubahan gelombang elektromagnet menuju ke gelombang bunyi tersebut bermula dari aliran listrik yang ada pada penguat audio/suara kemudian dialirkan ke dalam kumparan.Dalam kumparan tadi terjadilah pengaruh gaya magnet pada speaker yang sesuai dengan kuat-lemahnya arus listrik yang diperoleh maka getaran yang dihasilkan yaitu pada membran akan mengikuti. Dengan demikian, terjadilah gelombang bunyi yang dalam keseharian dapat kita dengar.
SIMBADA CST 160 N
Saat ini speaker komputer Simbadda versi CST sudah memiliki banyak model dan type (seri) terbaru. Salah satu produk Simbadda adalah seri CST 160 N yang merupakan merk speaker aktif berukuran cukup mini dan ringan untuk PC yang sudah dilengkapi dengan Bluetooth yang menjadi pilihan paling bagus, bermutu dan kualitas tinggi dan dengan harga yang cukup terjangkau.
Dengan design menarik dengan ring subwoofer hijau menambah gaya sporty untuk menghiasi ruangan anda. Dengan 45 watt membuat speaker menjadi powerfull, bass dan trebel yang dapat anda rasakan dan juga kemudahan mengatur dengan tombol pengaturan dibagian kanan subwoofer. Memutar audio bisa dengan Bluetooth atau dari USB cukup hubungkan flashdisk dengan
Hal inilah yang menjadikan speaker Sambadda ini menjadi favorit bagi pengguna komputer desktop kita karena ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Speaker merk Simbadda ini sebagai merk speaker komputer Bluetooth yang murah dan berkualitas yang portable. Simbadda ini sebagai merk speaker komputer Bluetooth yang murah dan berkualitas. Kualitas dari Simbadda Speaker Bluetooth CST 160 N karena didukung oleh battere yang bisa dicharger dengan kapasitas 3.7 V 1500 mAh. Ukuran Speaker ini adalah panjang 167 x 67 x 59 mm sehingga mudah dibawa kemana-mana, tak hanya di desktop anda saja.
Masih banyak keluaran terakhir dari produk terbaru Simbadda Speaker Bluetooth yang paling bagus yang bisa saya hadirkan. Seperti di bawah ini merupakan contoh model atau seri Speaker Aktif Bluetooth murah yang diproduksi oleh Simbadda dengan rincian harga jual. Harga Simbadda CST 160N berkisar Rp 560.000,-

Deskripsi Data Hasil Penelitian

Pada tahap ini penulis melakukan pengambilan data yang dilakukan dengan mereview speaker Simbadda, mereview dengan menjelaskan spesifikasi , kelebihan dan juga kekurangan dari speaker Simbadda yang berbasis bluetooth. Penulis mengambil data atas observasi yang dilakukan saat mengreview. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana speaker berbasis bluetooth melebihi speaker konversional (berbasis kabel).
BAB 3 PENUTUB 
KESIMPULAN 
Berdasarkan hasil pembahasan dan data informasi yang telah dikumpulkan, Speaker Simbadda CST 160N memiliki kelebihan tersendiri yaitu terdapat fitur bluetooth , dan juga Simbada CST 160N dapat dibawa kemana-mana (bersifat portable). Spesifikasi juga tidak begitu jauh dari series simbadda sebelumnya.
SARAN
Speaker Simbadda memiliki kekurangan yaitu pengiklanan marketing, hanya saja “tidak begitu tenar” seperti speaker Logitech , Panasonic dan lain-lain. Kekurangan lainnya speaker Simbadda tidak memiliki suara sekeras speaker not portable . Dan juga speaker bluetooth perlu mengisi batrai terlebih dahulu, jika batrai habis maka lowbat. Speaker yang berbasis bluetooth juga mudah terganggu permaslahan dalam sinyal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Top-Down Testing